Tradisi Mudik di Berbagai Belahan Negara. Yuk Simak!

 Nyatanya tradisi yang satu ini cukup banyak terjadi di berbagai belahan negara lain!

  1. Amerika Serikat



    Kegiatan mudik ala orang Amerika Serikat selalu terjadi pada Thanksgiving Day atau pada hari Kamis keempat di bulan November. Hari pengucapan syukur ini awal mulanya dilakukan para koloni Inggris pada jaman dahulu sebagai rasa terima kasih atas berakhirnya musim panen. Namun seiring berjalannya waktu, hari spesial ini digunakan warga setempat sebagai waktu berkumpulnya keluarga dan sanak keluarga. Yang menarik, setiap rumah nantinya selalu mengadakan tradisi makan malam lengkap dengan kalkun sebagai hidangan utama.

  2. Korea Selatan



    Lain halnya di Korea Selatan, kegiatan mudik selalu ditunggu pada saat Seollal (hari pertama pada kalender Lunar) dan Chuseok (festival bulan di musim panen atau hari besar ditengah musim gugur). Khusus untuk 2 kegiatan ini, pemerintah Korea Selatan selalu menetapkan hari libur panjang. Hal ini diberlakukan untuk mengantisipasi kemacetan parah dan tentunya persiapan penambahan sejumlah infrastruktur umum dan kendaraan umum massal. Selain itu, kegiatan mudik orang Korea Selatan biasanya juga digunakan untuk mengucapkan syukur kepada arwah leluhur serta menghabiskan waktu makan dan minum bersama keluarga besar.

  3. Jepang



    Di Jepang, tradisi pulang ke kampung halaman terjadi pada saat perayaan Festival Obon. Perayaan ini awalnya adalah sebuah rangkaian upacara atau tradisi kuno untuk masyarakat Jepang yang beragama Buddha untuk merayakan kedatangan arwah leluhurnya. Namun seiring berjalan waktu, tradisi ini bukan lagi menjadi acara keagamaan bahkan menjadi waktu untuk warga setempat pulang ke kampung halaman untuk bertemu sanak saudara dan membersihkan makam. Yang menarik, meski tradisi ini telah berlangsung selama bertahun-tahun namun pemerintah Jepang masih juga tidak menetapkan Festival Obon sebagai hari raya resmi. Oleh karena itu, setiap kantor atau pemilik usaha memiliki regulasinya tersendiri akan pengambilan hari libur.

  4. Malaysia



    Sama seperti di Indonesia, negara tetangga kita Malaysia pun juga merayakan Idul Fitri karena mayoritas penduduknya yang memeluk agama Islam. Lewat hari besar ini, banyak warga setempat yang menggunakan waktunya untuk mudik atau biasa dinamakan balik kampung. Mirip halnya dengan di Indonesia, kebanyakan dari mereka selalu membawa pernak-pernik atau hadiah untuk nantinya dibagikan kepada sanak-kerabat di kampung halaman. Kegiatan saling maaf-memaafkan sesama anggota keluarga dan kerabat dekat pun juga terjadi di masa balik kampung ala warga Malaysia. Menarik ya!

  5. Tiongkok



    Di Tiongkok, budaya mudik dilakukan pada tahun baru Imlek atau Spring Festival. Sama seperti di Indonesia, masyarakat lokal juga sudah mulai sibuk bersiap-siap untuk pulang kampung pada saat H-7. Mereka selalu berbondong-bondong membawa keluarga untuk pulang ke kampung halaman dengan juga membawa banyak hadiah untuk nantinya diberikan kepada orang tua dan sanak-kerabat. Selain itu, biasanya mereka juga sudah menyiapkan pakaian dan perhiasan terbaik, yang secara langsung dapat memperlihatkan tingkat kemakmuran mereka di daerah perantauan.

Tradisi Mudik di Berbagai Belahan Negara di Channel YouTube


Label:

Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget